Dialog & Sosialisasi Kelitbangan Tahun 2023

Peran penelitian dan pengembangan dalam Pemerintahan Daerah menjadi bagian penting, agar kebijakan di pemerintah daerah baik dalam bentuk program pembangunan, peningkatan kualitas pelayanan publik maupun pemberdayaan masyarakat, lebih terfokus dan teliti, tepat sasaran, dan sesuai kebutuhan.

Dalam menjalan peran dan fungsinya, lembaga litbang dituntut untuk bisa melakukan koordinasi dan kerjasama dengan berrbagai pihak terkait. Penelitian dan pengembangan sebagai suatu kegiatan dengan cara menghimpun, mengolah, dan menganalisa data secara representatif, obyektif, valid dan reliable, harus mampu menyediakan informasi dan bahan rekomendasi yang berbasis atau ilmiah .

Upaya peningkatan kinerja dan konsolidasi kelitbangan maka pada Rabu (24/05/2023) Bidang Litang, Bappelitbangda Kabupaten Hulu Sungai Selatan melakukan Dialog & Sosialisasi Kelitbangan Tahun 2023. Kegiatan ini bertempat di Aula Wakil Bupati dan dihadiri seluruh perwakilan dari Perangkat Daerah dan Kecamatan.

Pada kesempatan ini dilakukan Dialog & Sosialisasi tentang beberapa hal :

Pertama, Pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah “HSS Innovation Awards 2023 yang sudah masuk dalam akhir tahapan pendaftaran dan penginputan data proposal.

Kedua, Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah

Ketiga, Persiapan pelaksanaan pengukuran Indeks Inovasi Daerah Tahun 2023 (Innovative Government Award – IGA).

Keempat, Analisis hasil pengukuran Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tahun 2022 yang dilakukan oleh Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN).

Kelima, Sosialisasi aplikasi E-Litbang dalam hal layanan pengusulan penelitian, layanan pengajuan kekayaan Intelektual dan layanan informasi kelitbangan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *