Penganugerahan HSS Innovatioan Awards 2023

Bappelitbangda Kab. Hulu Sungai Selatan menggelar Penganugerahan HSS Innovatioan Aawrds 2023 dan Laubnching Duta Kekayaan Intelektual, pada Senin, 21 Agustus 2023 di Pendopo Bupati.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan, Drs. H. Achmad Fikry, M.AP, Sekretaris Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Drs. H. M. Noor, M.AP, Kepala Bidang Hukum, Kemenkumham Kanwil Kalimantan Selatan, Agus Sartono, SH, MH, Kepala BRIDA Provinsi Kalimantan Selatan, Drs. H. Muhammad Amin, MT, Kepala Bappelitbangda Kab. HSS, M.Arliyan Syahrial, M.Pd dan Plt. Ketua  MUI KAb. HSS Ustadz H. Muhammad Zaki Mubarak, LC, MHI.

Dalam Sambutaannya Kepala Bappelitbangda Kab. HSS, M.Arliyan Syahrial, M.Pd mengatakan bahwa Dasar Pelaksanaan Kegiatan Lomba ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah,  dan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah.

Pelaksanaan Lomba ini dimulai sejak tanggal 1 Januari – Agustus 2023. Dimulai dengan sosialisasi, pendaftaran peserta, bimbingan/klinik inovasi, penginputan data di sistem secara online, penilaian adminitrasi, presentasi dan wawancara dan berakhir dengan penganugerahan bagi para pemenang, jelasnya.

Kabid Litbang Bappelitbangda Kab. HSS, H. Muhamad Afif Bizri, SH,M.Hum menjelaskan bahwa Peserta lomba dibagi dalam 5 kelompok yaitu OPD, Kecamatan, Desa, Umum dan Teknologi Tepat Guna. Adapun penginputan Data Inovasi Daerah oleh para peserta / inovator dilakukan secara online di sistem : “senada.hulusungaiselatankab.go.id”

Total inovasi yang terinput dan didaftarkan dalam sistem adalah sebanyak 224 inovasi. Selanjutnya 30 inovasi terbaik masuk dalam tahapan presentasi dan wawancara di hadapan Tim Independen dari BRIN, Kemendagri, KemenPAN RB, Badan Litbang Provinsi dan Tokoh Masyarakat. Akhirnya hari ini akan diberikan penghargaan bagi 15 Inovasi terbaik Tahun 2023,

Dan Setiap pemenang diberikan penghargaan dan uang pembinaan, untuk terbaik I sebesar Rp 10 juta rupiah, terbaik II sebesar Rp 6 juta rupiah dan terbaik III sebesar Rp 4 juta rupiah ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam lomba inovasi daerah.

“Semua sumbangsih yang diberikan akan sangat berarti bagi pembangunan daerah yang lebih maju lagi kedepannya,” ujar Bupati Achmad Fikry.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *