Membahas Kayu Manis Loksado di Mobile Intellectual Property (IP) Clinic

Gelaran Mobile Intellectual Property (IP) Clinic yang bertempat di Wetland Square Banjarmasin ikut dihadiri Bappelitbangda dan Dinas Pertanian Kab. HSS pada Rabu, 14 Juni 2023 . Gelaran yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dimanfaatkan Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk terus berkoordinasi dalam peningkatan Kekayaan Intelektual di Kab. HSS

Moment ini digunakan secara khusus untuk dapat mengakselerasi proses pendaftaran Indikasi Geografis Kayu Manis Loksado. Kayu manis loksado merupakan komoditas andalan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Pemerintah Kabupaten juga sangat mendukung komoditas kayu manis loksado diantaranya dengan melaksanakan beberapa kegiatan pengembangan dan pemeliharaan tanaman kayu manis di wilayah Kecamatan Loksado.

Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah pengembang tanaman kayu manis jenis C. burmanii dengan kualitas unggulan. Kayu Manis merupakan salah satu komoditas perkebunan andalan bagi pekebun di wilayah Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan topografinya wilayah Kecamatan Loksado merukapan kawasan gunung/pegunungan sehingga menjadi tempat tumbuh yang ideal untuk komoditas tanaman kayu manis.

Hasil Produk Kayu Manis Loksado dibandingkan dengan daerah lain memiki bau yang harum dan rasa sedikit pedas sehingga memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi. Kegunaan kayu manis juga sangat banyak, selain sebagai bahan rempah-rempah juga bermanfaat untuk kesehatan dan bahan baku industri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *