FGD PPD 2023 Ikut dihadiri Dosen ULM Secara Online

Pelaksanaan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023 telah memasuki tahap penilaian akhir yaitu tahap III verifikasi. Tahap III verifikasi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas selama dua hari, di antaranya Focus Group Discussion (FGD) dan kunjungan lapangan. Penilaian tahap III verifikasi yang dilakukan secara hybrid, bertujuan untuk melakukan evidence – based evaluation, yaitu mengkonfirmasi dan menggali infomasi lebih dalam.

Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan pada Jumat, 31 Maret 2023 di Pendopo Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kegiatan dihadiri Bupati HSS Achmad Fikry, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, Wakil Ketua II DPRD HSS Muhammad Kusasi beserta anggota DPRD, para Kepala OPD dan stakeholder terkait dalam penilaian PPD, serta Tim Penilai Independen (TPI) dan Tim Penilai Utama (TPU) dari Bappenas RI yang melakukan penilaian.

Evaluasi dilakukan dari perspektif stakeholders non-Bappelitbangda, terhadap proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2023, pelaksanaan dan pencapaian sasaran pembangunan daerah, serta inovasi daerah.

Salah satu stakeholders non-Bappelitbangda yang dikonfirmasi oleh Tim Juri, terhadap proses penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2023 adalah civitas akademika dari Perguruan Tinggi (Universitas Lambung Mangkurat) yang dihadiri secara online (zoom) oleh Dr. Hilda Susanti, SP. M.P (Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, ULM), Dr. Sidharta Adyatma, M.Pd (LPPM ULM – Geografi dan Lingkungan), Dr. Ir. Muhammad Fauzi, MP (LPPM ULM),

Agung Waskito, ST, MT , (Dept. Kesehatan Lingkungan, PSKM, FK ULM), dan Dr. H. Ahmad  Yunani, SE. M.Si   (Fakultas Ekonomi Bisnis).

Salah satu yang disampaikan adalah proses Diskusi / Webinar yang telah dilakukan dan hasilnya disusun dalam bentuk Policy Brief, yang mana hasil Policy Brief menjadi bahan pertimbangan pimpinan dalam pengambilan kebijakan serta dapam penyusunan perencanaan kedepannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *