Pembinaan dan Sosialisasi Kelitbangan, IID dan IDSD

Bappelitbangda melalui Bidang Litbang melakukan Pembinaan dan Sosialisasi terkait Inovasi, Indeks Inovasi Daerah (IID) dan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD).  Kegiatan ini dilakukan di Aula Wakil Bupati pada Selasa, 23 April 2024 dengan dihadiri oleh perwakilan dari Perangkat Daerah dan Kecamatan.

Pada kesempatan ini Kabid Litbang, M. Afif Bizri menyampaikan tentang Progres penginputan dan Upload data dukung di ajang lomba Inovasi Daeah HSS Innovatioan Award 2024 pada Aplikasi Senada yang akan berakhir pada 30 April 2024.

Semoga semua Perangkat Daerah dan Kecamatan dapat menggunakan waktu yang masih ada untuk mengoptimalkan penginputan data dukung inovasi dan mensukseskan pelaksanaan Lomba Inovasi Daerah, ujarnya.

Selain hal itu juga disampaikan tentang capaian nilai Indeks Inovasi Daerah (IID) Kab. HSS Tahun 2023. Berdasarkan hasil pengukuran Indeks Inovasi Daerah Tahun 2023, Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendapatkan nilai indeks sebesar 70,41 (Kategori Sangat Inovatif), dengan ini terjadi peningkatan nilai indeks sebesar 3,37 kalau dibandingkan dengan tahun 2022 dimana Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendapatkan nilai indeks 67,04 (Kategori Sangat Inovatif). Dengan ini Kabupaten Hulu Sungai Selatan berhasil menjadi Kabupaten Terinovatif selama 5 (lima) tahun berturut-turut, mulai dari tahun 2019 hingga 2023.

Adapun pada pengukuran  Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tahun 2023, Badan Riset Inovasi Nasional  (BRIN) melakukan beberapa penyempurnaan pada beberapa indikator IDSD. Penyempurnaan ini akhirnya juga berimplikasi pada perubahan cara menghitung dan hasil nilai beberapa indikator dan nilai indeks kalau dibandingkan dengan indeks tahun sebelumnya. Hasil IDSD Tahun 2022 Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendapatkan nilai indeks 2,950, dan pada Tahun 2023 ini mendapat nilai sebesar 3,07. Ada peninglkatan nilai indeks sebesar 0,12. Nilai IDSD Kab. HSS Tahun 2023 masih dibawah nilai Nasional dan Provinsi, dan berada di posisi ke-6 kalau dibandinglkan dengan Kab/Kota se-Provinsi Kalimantan Selatan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *