Tim Site Visit DIKTIVOKASI ke Desa Kapuh

Penelitian berperan sangat penting dalam kemajuan dan kesejahteraan suatu bangsa serta dalam proses pengembangan teknologi. Perguruan tinggi (PT) berkewajiban melakukan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sebagai dharma kedua dan ketiga dari tridharma PT sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional Pasal 20. Pasal 1 Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 juga menegaskan kewajiban PT melaksanakan tridharma yang terdiri dari Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penelitian di PT diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa seperti dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 dan 46.

Atas dasar inilah Bappelitbangda Kabupaten Hulu Sungai Selatan, melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) memfasilitasi dan berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dengan lokusnya adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pada Tahun 2024 ini dimulai proses verifikasi lapangan dengan tema penelitian “UMKM dan Sentra Makanan Olahan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan” dengan anggaran dari Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (DIKTIVOKASI) . Penelitian ini  diusulkan oleh Dr. Monika Handayani, SE, Ak, CA, MM beserta tim dari Politeknik Negeri Banjarmasin.

Pada Sabtu, 2 Maret 2024 dilakukan verifikasi lapangan langsung oleh Tim Site Visit Program Pengabdian, yang dibentuk oleh Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi. Tim ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. I Ketut Widnyana, M.Si dari Universitas Mahasaraswati Denpasar. Adapun tempat kunjungan difokuskan di Desa Kapuh dan Telaga Bidadari, Kecamatan Simpur.

Pada kesempatan ini Kepala Bappelitbangda Kab. HSS, M.Arliyan Syahrial, M.Pd, beserta Kabid Litbang, H.M. Afif Bizri, SH,.M.Hum, Perwakilan Dinas Nakerkop UKP, Aparat Desa Kapuh, dan perwakilan UMKM dari beberapa kelompok menyambut  Tim Site Visit di Kantor Desa Kapuh. Setelah wawancara dan penggalian informasi dilakukan kunjungan langsung ke tempat produksi dan pengolahan produk yang dikelola UMKM.

Semoga dengan program ini akan semakin membantu UMKM di Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk dapat “Naik Kelas” ujar Kepala Bappelitbangda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *