Inkubator Bisnis Konsep Baru dalam Pembinaan UMKM

Bappelitbangda Kab. Hulu Sungai Selatan kembali mengadakan Webinar dengan tema Mengenal Inkubator Bisnis dalam mewujudkan UMKM Naik Kelas. Webinar ini dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) dengan Narasumber Herry Pradana, M.BA.

Inkubator bisnis dapat dianggap sebagai strategi pengembangan usaha yang bertujuan untuk membantu dan mempercepat prosespembentukan, pengembangan, dan kemampuan bertahan hidup dari perusahaan baru dan yang sudah ada di masyarakat.

“Perlu ada Langkah baru  yang tepat dan  progresif dalam hal mentransformasi sistim pembinaan, pelatihan dan pendampingan UMKM dan IKM oleh Pemerintah Daerah. Pola pendampingan ala Lembaga Inkubator dapat menjadi alternatif yang telah teruji yang dapat diadopsi oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan’ ujar narasumer.

Fokus inkubasi adalah Penciptaan Wirausaha Baru (WUB), UMKM / IKM Naik Kelas (Scale Up), UMKM / IKM Orientasi Eksport, Penciptaan Ekosistim Usaha yang Kondusif untuk UMKM (Model Jakarta Creative Hub) dan Penciptaan Perusahaan Rintisan/Pemula Berbasis Teknologi (Startup), tambah Herry Pradana dalam paparannya.

Semoga konsep Inkubator Bisnis ini bisa lebih dilirik oleh Pemerintah Daerah dan Stakeholder swasta terkait dalam pengembangan UMKM di Hulu Sungai Selatan

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *