Inovasi Gebrak Sehati Divalidasi Lapangan Tim IGA 2023

Gebrak Sehati “One House Two Access” (Gerakan Pembangunan Bersama Berkelanjutan Seribu Sarana Air Minum Sehat dan Sanitasi) Kabupaten Hulu Sungai Selatan dikembangkan karena rendahnya angka Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan sarana air bersih, serta tingginya angka kesakitan (diare). Kondisi ini lebih khusus terjadi pada daerah rawan stunting. Gerakan ini merupakan kolaborasi berbagai pihak melalui kemitraan antara Pemerintah Daerah, Kelompok Swadaya Masyarakat dan swasta. Gebrak Sehati memberikan layanan “One House Two Access”. Rumah warga miskin dan potensi stunting diberikan layanan dua akses yaitu akses air minum dan akses sanitasi.

Penilaian Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 yang sudah memasuki tahapan Validasi Lapangan, menjadikan Inovasi Gebrak Sehati sebagai salah satu yang dijadikan objek Validasi.

Kegiatan validasi Lapangan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dibuka secara resmi di Pendopo Bupati HSS, Rabu (18/10/2023), dan selanjutnya dilakukan validasi lapangan di penerima manfaat inovasi di Desa Pandulangan, Kecamatan Padang Batung.

Tim validasi langsung mencek ke dalam rumah penerima manfaat dan melakukan wawancarqa langsung kepada stakeholder yang terlibat.

Tim Validasi Lapangan IGA 2023 dipimpin Jerry Walo, S.Sos, MM dari Kemendagri, Resty Adelia, S.Si dari Kemenpan RB, dan Ferry Boy Marthin Rende.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *